Jumat, 24 November 2017

Pasar Puri & Tomang Barat masih jual bakso daging babi

Pasar Puri & Tomang Barat masih jual bakso daging babi
Pasar Puri dan Tomang Barat masih jual bakso daging babi

Menindaklanjuti temuan bakso daging sapi yg dicampur bareng daging babi dalam Jakarta Barat, Suku Dinas Peternakan dan Perikanan Pemerintah Kota Jakarta Barat kembali melakukan inspeksi mendadak (sidak) terhadap pedagang bakso curahan dalam pasar-pasar tradisional.

BERITA TERKAIT
Pasang jerat babi malah kena insan, 3 pria dalam Inhil diciduk polisi
BPOM temukan bakso gunakan daging babi dalam Pekanbaru
Pedagang Bakso Mekar Sukajadi campur daging sapi bareng babi

Dari 2 pasar yg disidak, Pasar Puri dan Pasar Tomang Barat, petugas mendapati tiga pedagang menjual bakso bareng adonan daging babi.

"Dari empat pedagang, dalam 2 pasar, kita dapati tiga pedagang menjual bakso yg timbul unsur daging babi," istilah Kepala Seksi Pengawasan dan Pengendalian Suku Dinas Peternakan dan Perikanan Jakarta Barat Moris Parlindungan Sihombing, seusai melakukan investigasi bakso dalam Pasar Tomang Barat, Jumat (14/12).

Petugas Sudin Peternakan dan Perikanan Jakarta Barat mengambil barang bukti berupa bakso bareng merek Planetaria 56. "Dari 2 pedagang dalam Pasar Puri, kita sita 2,3 kilogram bakso sumber bapak Erik, sumber mak Irma 2 kilogram bakso. Di pasar Kopro (Tomang Barat), sumber kios Acung, kita sita tiga bungkus," ujarnya.

Dari tiga pedagang itu, terang Moris, 2 pedagang dalam Pasar Puri, Erik dan Irma sudah 2 kali menjual bakso bareng merek Planetaria 56. "Cuma bedanya, dalam investigasi pertama, kita cuma ambil sample. Kalau hari ini, kita ambil, kita periksa, terus kita sita," imbuhnya.

Pihak Sudin Peternakan dan Perikanan akan menyampaikan surat pemanggilan terhadap kepada ketiga pedagang yg kedapatan menjual bakso bareng adonan daging babi. "Senin mereka kita panggil ke kawasan kerja untuk dimintai keterangan. Jika mereka masih menjual bakso yg timbul daging babinya, untuk urusan aturan, biar polisi yg tangani," imbuhnya.

Sebelumnya, dinas Pengawasan dan Pengendalian Suku Dinas Peternakan dan Perikanan Jakarta Barat mengambil sampel bakso yg mengandung unsur daging babi dihasilkan sumber tiga pedagang dalam Pasar Grogol, Pasar Puri, dan satu home industry kawasan pembuatan bakso dalam daerah Kapuk. Selain dalam tiga pasar dalam atas, pihaknya jua melakukan pengambilan sampel bakso dalam Pasar Duta Mas, Pasar Kemiri, dan Pasar Tomang Barat. [ded]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar