Minggu, 19 November 2017

Kulineran Bakso di Bandar Lampung

Kulineran Bakso di Bandar Lampung
Kulineran Bakso di Bandar Lampung

Lama ngga nulis di Kompasiana. Bukannya sok sibuk, tapi emang ngga sempat aja he he. Jadi ini artikel pertama sehabis Kompasiana berubah penampilan. Kali ini mirip biasa nulis artikel yang ringan aja, mirip hobi saya yaitu suka jalan-jalan. Saya ajak anda jalan-jalan ke kota Bandar Lampung untuk menikmati kuliner baksonya. Ada yang ngiler? :D

Sebenarnya biasa aja kali kalo makan bakso itu.Yup, bener pendapat saudara! Memang bakso ada di mana-mana. Di setiap tempat di seluruh pelosok Indonesia hidangan ini gampang ditemui. Lah setiap ketika aja ada gerobak dorong bakso yang lewat di depan rumah kita he he. Tapi ada yang berbeda kalau di kota Bandar Lampung. Di sini ada bakso yang sangat terkenal yang cabangnya banyak, namanya bakso Sony. Sepertinya bakso ini yang menguasai pangsa pasar perbaksoan di kota Bandar Lampung. Setahu saya belom ada di kota lain. Ngga tau pula semisal telah ada di kota Palembang atau belom. Bakso Sony ini ibaratnya kalau di kota Palembang mirip empek-empek Pak Raden. Jadi yang paling top markotop deh.

Berbicara tentang kuliner spesial di kota Bandar Lampung, bingung deh kalau ditanya. Masalahnya artinya kulinernya mirip beserta kota empek-empek. Yang banyak di kota ini ya hidangan ikan khususnya pindang serta pepes patin persis plek beserta kota Palembang. Lengkap beserta segala macam lalapan serta sambalnya yang mak nyus. Di kota ini empek-empek pula banyak. Di lorong-lorong kampus pun penjual empek-empek ngider bawa keranjang rotannya untuk jualan kuliner ini. Meskipun cita rasanya ya kurang menggigit, lah cuman seribu sebuah, harga yang merakyat serta murah meriah. Kalau ingin rasa yang enak tentu harganya lebih mahal serta harus beli di tempat yang terkenal.

[caption caption="Plang Bakso Sony (Dok. Herti)"][/caption]

Kalau kerupuk kemplang oven, perbedaan antara kemplang Lampung serta kemplang Palembang artinya kemplang Lampung banyak yang cuman pake terasi serta bukan ikan he he he. Tentu lebih enak yang kemplang ikan kan? Makanya itu saya ngga tau deh kalau ditanya tentang kuliner yang spesial di kota ini. Karena mirip beserta kota lain di Sumatera. Warung Padang banyak, itu so pasti. Tapi Mie Aceh pun pula gampang ditemui dibanding di kota-kota di Jawa. Dan cita rasanya pula ngga mengecewakan orang Aceh, karena memang yang jualan pula orang Aceh orisinal. Kalo oleh-oleh menurut Bandar Lampung, yang spesial bawa keripik pisang aneka rasa, rasa coklat serta keju sepertinya tidak ada duanya. Juga ada keripik nangka.

[caption caption="Lokasi Bakso Sony (Dok. Herti)"]

[/caption]

[caption caption="Semangkok bakso Sony (Dok. Herti)"]

[/caption]

Waduh jadi ngelantur ke mana-mana padahal tadi mau pamer bakso yaaa. He he. Kembali ke bakso Sony. Bakso ini memang yang paling saya rekomendasikan jikalau anda ke Bandar Lampung. Cobalah mencicipinya. Sekarang sih semangkok harganya Rp. 15 ribu beserta 6 buah bakso serta mie kuning di dalamnya. Rasa dagingnya bertenaga serta enak. Lokasi bakso Sony ini gampang dijumpai karena cabangnya banyak entah ada berapa. Ditanggung cita rasanya sama. Dan kalau ingin bertanya di mana letak bakso Sony, pasti seluruh orang di sana tahu serta anda tak perlu susah-suah nyari. Dulu saya sering ke bakso Sony yang di daerah Gotong Royong, dekat patung pengantin serta kantor Lampung Post. Namun kini dekat kampus Unila pun ada.

[caption caption="Lezatnya Bakso Moro (Dok. Herti)"]

[/caption]

Lalu bakso apalagi yang saya rekomendasikan selain bakso Sony itu? Ada bakso lain yang spesial serta beda beserta bakso-bakso lainnya. Namanya bakso Moro. Tempat bakso Moro ini ada di Gotong Royong pula, tapi ada pula cabangnya yang di pinggir jalan seberang pasar Bambu Kuning. Tepatnya di dekat gang masuk Lorong King. Kalau bakso Moro ini yang spesial artinya baksonya berukuran lebih akbar serta dalam bagian tengah berisi gilingan daging.

Jadi ketika kita iris bakso itu, akan ada serpihan daging yang berhamburan keluar. Daging ini yang membuat rasa bakso ini lebih enak. Entahlah saya belum pernah menjumpai bakso yang model begini di kota lain. Khususnya di kota Yogyakarta pula ngga ada, meskipun banyak bakso yang enak pula.

Nah itu sekedar cerita mini bagi anda penikmat bakso. Siapa tau anda berkunjung di kota Bumi Ruwai Jurai serta ini menyampaikan fakta tantangan kuliner yang perlu dicoba. Walau cuman sekedar bakso he he. Jangan lupa berkunjung ke pantai-pantainya yaaa.
Salam kulineran serta jalan-jalan.

*****

Tidak ada komentar:

Posting Komentar