Jumat, 27 Oktober 2017

Bakso Kreess, Rahasia Bakso Lahar

Bakso Kreess, Rahasia Bakso Lahar
Bakso Kreess, Rahasia Bakso Lahar

Ingin Bakso Kress ? gampang saja bila menggunakan bahak kimiawi. Namun, bagi mereka yang ingin baksonya serba alami maka wajib memutar otak buat menciptakan kress & kekenyalan dalam bakso.

Untuk mendapatkan bakso yang kress & kenyal asal bahan alami, maka kita wajib memahami karakter asal setiap bahan bahan yang dicampurkan dalam pembuatan bakso.

Penulis mencoba mengabadikan dialog bersama penghasil bakso lahar di kampung Nanggela Rt 03/01 Desa Sukmajaya Kec Tajurhalang Kab Bogor. Sang penghasil bakso lahar ini menyebarkan banyak misteri agar bakso kress & kenyal.

Jangan remehkan daging.. Daging yang banyak lemaknya akan membentuk bakso lembek. Untuk itu pilihlah daging tanpa lemak, yang masih segar & berwarna kemerahan.

Pilih daging bagian punggung, paha, panggul & betis. Ingatlah setiap bagian daging  akan berefek tidak selaras dalam kekenyalan & kressnya bakso.

Formula dosis daging & tepung tapioka pula mempengaruhi kekenyalan bakso. Bila dosis tepung tapioka terlalu banyak maka kressnya bakso akan tidak didapatkan.

Jangan remehkan peran Garam. Gunakan garam yang berbentuk bata. Bila bakso kekurangan garam maka teksturnya akan lembek & lapisan bagian atas nya tidak "klimis".

Bila menggunakan bakso yang biasa dipakai buat makan maka kekenyalannya berkurang. Begitu ungkap penghasil bakso lahar saat bercerita tentang peran garam dalam pembuatan bakso.

Ada bahan adonan tepung agar bakso lebih kress & kenyal. Biasanya di penggilingan bakso timbul tepung bakso yang terbuat asal rumput laut. Peran tempung ini menjadi emulsifier, agar seluruh bahan bakso tercampur & merekat secara paripurna.

Ada yang menambahkan tepung roti agar bakso lebih kress & kenyal

Kekurangan es batu pun akan membentuk bakso menjadi lembek. Karena peran es batu dalam pembuatan bakso menjadi emulsifier semua bahan bahan bakso. Bila jeda antara tempat penggilingan bakso & rumah terlalu jauh, pakai es batu buat menjaga kesejukan bahan bahan bakso.

Perhatikan pula bumbu bumbu yang ditambahkan ke bakso. Kadang bumbu bakso "melemahkan" kekressan & kekenyalan bakso. Perhatikan karakter setiap bumbu yang akan dicampurkan.

Cara memasak adonan bakso akan mempengaruhi kekressan & kekenyalan bakso. Cara merebus akan menambah kekenyalan bakso. Sedangkan pengukusan akan melemahkan kress bakso.

Cukup menarik pula dialog bersama penghasil bakso lahar. Tak disangka, singgahan tak terduga menyampaikan banyak pengetahuan tentang Bakso.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar